Pengaruh Cash Position, Return On Assets, Debt To Equity Ratio, Dan Growth Potential Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI.

Hadi, Rahel (2011) Pengaruh Cash Position, Return On Assets, Debt To Equity Ratio, Dan Growth Potential Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yang terdiri dari Cash Position, Return On Assets, Debt To Equity Ratio , dan Growth Potential terhadap Kebijakan Dividen yang diukur dengan Dividend Payout Ratio sebagai variabel terikat baik secara simultan dan parsial serta mengetahui manakah dari antara variabel bebas yang memiliki pengaruh dominan terhadap Kebijakan Dividen yang diukur dengan Dividend Payout Ratio . Objek penelitian ini adalah perusahaan industry manufaktur yang terdaftar di bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian 2006-2009. Jenis penelitian ini adalah explanatory research , yang menjelaskan ada tidaknya hubungan antara variabel yang diteliti melalui suatu pengujian hipotesis yang dilakukan.Teknik pengambilan populasi dilakukan dengan metode purposive sampling, dimana jumlah populasi adalah 136 perusahaan dan sampel yang diambil adalah 31 perusahaan. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang telah bebas dari gejala asumsi klasik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial variabel Cash Position, Return On Assets, Debt To Equity Ratio , dan Growth Potential memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kebijakan Dividen yang diukur dengan Dividend Payout Ratio dalam perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2006 sampai dengan 2009. Variabel Return On Assets merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap Kebijakan Dividen dengan arah yang positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/412/ 051102937
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Aug 2011 10:17
Last Modified: 15 Aug 2011 10:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105452
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item