Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Dividen Kas ( Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2009 )

Nugroho, BagusBudi (2011) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Dividen Kas ( Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2009 ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebijakan dividen berhubungan dengan keputusan perusahaan apakah membayar dividen atau tidak. Beberapa investor lebih menyukai dividen kas karena dividen kas dapat mengurangi ketidakpastian dalam melakukan investasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi dividen kas pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI). Faktor-faktor tersebut terdiri dari Return on Investment (ROI), Cash Ratio, Current Ratio, Debt to Asset (DTA) , Earning per Share (EPS) , dan Return On Equity (ROE) . Penelitian dilakukan pada perusahaan manufaktur yang mendaftarkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Periode penelitian pada tahun 2007-2009. Metode sampling yang digunakan adalah metode purposive sampling . Berdasarkan kriteria sampel yang telah ditentukan diperoleh 13 perusahaan. Pengujian terhadap hipotesis penelitian dilakukan secara pooled data menggunakan uji regresi linier berganda dengan α = 5 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa secara parsial variabel Cash Ratio , Current Ratio, EPS dan ROE berpengaruh signifikan terhadap dividen kas perusahaan sedangkan variabel ROI dan DTA tidak berpengaruh signifikan terhadap dividen kas perusahaan. ROI, Cash Ratio, Current Ratio, DTA, EPS dan ROE berpengaruh secara bersama-sama terhadap variabel terikat yakni dividen kas perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/409/ 051102845
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Aug 2011 09:42
Last Modified: 12 Aug 2011 09:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105448
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item