Dampak pemanfaatan internet terhadap motivasi dan prestasi belajar mahasiswa jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.

Probowati, Dewi (2011) Dampak pemanfaatan internet terhadap motivasi dan prestasi belajar mahasiswa jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Internet merupakan sumber informasi yang dibutuhkan bagi dunia ilmu pengetahuan. Bidang informasi yang ditawarkan di internet antara lain informasi bisnis, ilmiah/riset, pendidikan, hiburan, dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan situs ilmiah / riset, situs jejaring sosial, dan situs game online terhadap motivasi dan prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa berstatus aktif Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan sampel sebanyak 125 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menyimpulkan beberapa hal yaitu pemanfaatan situs ilmiah berpengaruh positif terhadap motivasi dan prestasi belajar, pemanfaatan situs jejaring sosial berpengaruh negatif terhadap motivasi belajar tetapi tidak berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar mahasiswa, pemanfaatan situs game online berpengaruh negatif motivasi dan prestasi belajar. Situs ilmiah memberikan kemudahan dalam menambah wawasan dan ilmu pengetahuan serta membantu dalam menyelesaikan tugas perkuliahan sehingga mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa. Sedangkan, situs jejaring sosial menyebabkan motivasi belajar turun dikarenakan berkurangnya waktu yang digunakan untuk belajar, tetapi situs jejaring sosial tidak mempengaruhi prestasi belajar dikarenakan mahasiswa memiliki pengaturan diri yang baik untuk tetap belajar dan berprestasi. Sementara situs game online dapat menurunkan kondisi fisik dan mempengaruhi pola pikir dan tingkah laku mahasiswa sehingga menyebabkan sikap kuliah yang rendah bagi mahasiswa dan menurunkan motivasi serta prestasi belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/399/ 051102835
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Aug 2011 11:09
Last Modified: 12 Aug 2011 11:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105436
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item