Dialektika, Ersha (2011) Pengaruh Bauran Ritel Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Berbelanja Di Giant Supermarket Pulosari Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bisnis ritel di Indonesia mengalami perkembangan cukup pesat, ditandai dengan semakin banyaknya bisnis ritel tradisional yang mulai membenahi diri menjadi bisnis ritel modern maupun munculnya bisnis ritel modern yang baru. Bagi pelaku ritel ini merupakan ancaman dan tantangan yang harus di hadapi untuk mempertahankan kelangsungan hidup bisnis ritel mereka. Dalam menghadapi pesaingnya, perusahaan harus mempunyai strategi dan ketegasan langkah yang harus dilaksanakan sesuai dengan sifat dan bentuk pasar yang dihadapinya serta mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong konsumen untuk berbelanja. faktor-faktor yang mendorong konsumen untuk berbelanja disebut dengan bauran ritel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh bauran ritel terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja di Giant supermarket Pulosari Malang baik secara simultan maupun parsial, serta mengetahui variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja. Penelitian ini dilaksanakan di Giant Supermarket Pulosari Malang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research . Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang, dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling . Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Untuk menganalisis data digunakan uji regresi linier berganda dan diperkuat dengan uji asumsi klasik yang berupa uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedasitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel bauran ritel yang terdiri dari lokasi, merchandise (barang dagangan), pricing (harga), periklanan dan promosi penjualan, atmosfer gerai, serta retail service (pelayanan ritel) mempunyai pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja di Giant Supermarket Pulosari Malang. sedangkan secara parsial hanya variabel lokasi, merchandise (barang dagangan), dan pricing (harga), yang berpengaruh signifikan. Periklanan dan promosi penjualan, atmosfer gerai, serta retail service (pelayanan ritel) tidak berpengaruh signifikan. Variabel merchandise (barang dagangan) memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja di Giant Supermarket Pulosari Malang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2011/397/ 051102833 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 12 Aug 2011 10:32 |
Last Modified: | 12 Aug 2011 10:32 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105434 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |