Evaluasi Penerapan Akuntansi Zakat, Infaq/Shodaqoh, dan Wakaf (ZISWA) (Studi Kasus Pada Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Cabang Malang)

Setiawan, Galih (2011) Evaluasi Penerapan Akuntansi Zakat, Infaq/Shodaqoh, dan Wakaf (ZISWA) (Studi Kasus Pada Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi penerapan akuntansi zakat yang diterapkan pada Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Cabang Malang. Kemudian penerapan akuntansi zakat tersebut akan dibandingkan dengan Exposure Draft Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (ED PSAK) No. 109 Tentang Zakat, apakah telah sesuai atau belum. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dan komparatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus yang bertujuan memberikan gambaran secara menyeluruh atas obyek yang diteliti dan memberikan analisis perbandingan penerapan laporan keuangan antara objek penelitian dan ED PSAK No. 109 yang meliputi analisis terhadap pengakuan, pengukuran, pengungkapan dan pelaporannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam penerapan akuntansi zakat pada BMH dengan ED PSAK No. 109. Kemudian secara umum apabila ditinjau dari segi organisasi dan aktivitas lembaga, BMH memiliki sistem yang sudah terstruktur dan kinerja yang baik. Meskipun begitu hal ini tetap melatarbelakangi pentingnya penyusunan dan pengesahan standar akuntansi zakat yakni ED PSAK No. 109, karena kemungkinan pada LAZ lain masih terdapat ketidaksesuaian penerapan akuntansi zakat. Standar ini diharapkan menjadi kunci sukses bagi LAZ dalam pelaksanaan dan pengelolaan zakat yang sesuai dengan kaedah syariah Islam dan konsep GCG/ good governance yang meliputi unsur transparan, bertanggungjawab, akuntabilitas, kewajaran, dan independen. Maka dari itu, LAZ harus membuat dan menyajikan laporan keuangan dengan benar dan siap diaudit oleh akuntan publik sehingga meyakinkan masyarakat akan pentingnya sebuah lembaga yang dapat dipercaya dalam menghimpun dan menyalurkan zakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/395/ 051102764
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Aug 2011 12:18
Last Modified: 16 Aug 2011 12:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105432
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item