Pengaruh Fasilitas E-Banking Terhadap Peningkatan Kepuasan Nasabah (Studi Pada Bank BNi Cabang Malang)

CahyoP, Sakti (2011) Pengaruh Fasilitas E-Banking Terhadap Peningkatan Kepuasan Nasabah (Studi Pada Bank BNi Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variable e-banking yang terdiri dari kebebasan ( Independence ), kenyamanan ( Convinience ) dan keamanan ( security ) terhadap kepuasan nasabah bank BNI cabang Malang. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel terikat (variable e-banking ) terhadap variabel bebas (kepuasan nasabah) digunakan analisis regresi dengan metode analisa uji t dan uji F. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Causal-Comparative Research , digunakan untuk menguji ada tidaknya hubungan sebab akibat dari kualitas pelayanan yang diberikan oleh layanan e-banking terhadap kepuasan nasabah. Sampel yang diambil sebesar 75 responden sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental , yaitu pengambilan sampel dengan menyebarkan kuesioner kepada nasabah bank BNI cabang Malang siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti. Dari hasil regresi dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas (variable e-banking) yaitu kebebasan ( Independence ), kesenangan ( Convinience ) dan keamanan ( security ) secara bersama-sama atau simultan terhadap variabel terikat yaitu kepuasan nasabah (Y), hal ini dapat dibuktikan dengan nilai F hitung > F tabel (86,909 > 2,323) dengan signifikansi < α (0,000 < 0,05), dari hasil analisis uji t secara parsial dapat disimpulkan bahwa masing-masing variabel kebebasan ( Independence ), kenyamanan ( Convinience ) dan keamanan ( security ) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dan juga dapat diketahui bahwa kkenyamanan ( Convinience ) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan konsumen (Y), hal ini dapat dibuktikan dari besarnya nilai koefisien regresi variabel bebas yang mempunyai koefisien regresi paling besar (0,488) adalah variabel kenyamanan ( Convinience ). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ketiga variabel bebas yang terdiri dari kebebasan ( Independence ), kesenangan ( Convinience ) dan keamanan ( security ) secara simultan dan parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah bank BNI. Variabel kenyamanan (X 2 ) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan nasabah Bank BNI Cabang Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/392/ 051102761
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Aug 2011 14:36
Last Modified: 18 Aug 2011 14:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105429
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item