Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, Kontrol Perilaku, Persepsi Risiko, dan Pengalaman terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Layanan E-Banking

Mahardiana, Maria (2011) Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, Kontrol Perilaku, Persepsi Risiko, dan Pengalaman terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Layanan E-Banking. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat untuk menggunakan layanan e-banking dengan menggunakan model Theory Planned Behavior (TPB) yang dikembangkan oleh Ajzen pada tahun 1985. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Penelitian ini memperoleh respon sebanyak 309 orang yang pernah menggunakan e-banking. Peneliti menggunakan teknik regresi linier berganda untuk menguji data penelitian dengan software SPSS 16.0. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa secara simultan, variabel sikap, norma subyektif, kontrol perilaku, persepsi risiko, dan pengalaman berpengaruh terhadap minat untuk menggunakan layanan e-banking. Sedangkan hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel kontrol perilaku tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat untuk menggunakan layanan e-banking; dan variabel sikap, norma subyektif, persepsi risiko, dan pengalaman secara signifikan berpengaruh terhadap minat untuk menggunakan layanan e-banking. Hal ini berarti bahwa minat untuk menggunakan layanan e-banking dipengaruhi oleh variabel persepsi sikap, norma subyektif, persepsi risiko, dan pengalaman. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi perusahaan perbankan dalam mengimplementasikan dan mengembangkan layanan e-banking untuk memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunakan e-banking.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/391/051102760
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 19 Jul 2011 09:12
Last Modified: 18 Oct 2021 13:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105428
[thumbnail of 051102760.pdf]
Preview
Text
051102760.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item