Pengaruh Sikap, Persepsi Kegunaan, Norma Subyektif, Kepercayaan Terhadap Minat Keperilakuan Penggunaan Sistem E-Commerce

Muflikha, Etik (2011) Pengaruh Sikap, Persepsi Kegunaan, Norma Subyektif, Kepercayaan Terhadap Minat Keperilakuan Penggunaan Sistem E-Commerce. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat keperilakuan penggunaan sistem e-commerce dengan menggunakan Model Penerimaan Teknologi ( technology acceptance model atau TAM) yang dikembangkan oleh Davis (1989). Penelitian ini dilakukan di Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini memperoleh responden sebanyak 170 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya yang pernah melakukan transaksi secara online. Peneliti menggunakan teknik regresi linier berganda dengan software SPSS 16 untuk menguji data penelitian. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa secara simultan, variabel sikap, persepsi kegunaan, norma subyektif, dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat keperilakuan penggunaan sistem e-commerce . Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa variabel persepsi kegunaan dan kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap minat keperilakuan penggunaan sistem e-commerce ; dan sikap dan norma subyektif tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat keperilakuan penggunaan sistem e-commerce . Hal ini berarti bahwa minat keperilakuan penggunaan sistem e-commerce dipengaruhi oleh variabel persepsi kegunaan dan kepercayaan. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi sektor bisnis online untuk memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat keperilakuan penggunaan sistem e-commerce . Selain itu, berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa aspek psikologi juga berperan dalam pengaplikasian dan perkembangan sistem teknologi informasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/368/ 051102642
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Aug 2011 09:58
Last Modified: 25 Aug 2011 09:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105403
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item