Evaluasi Pengendalian Intern Sistem Akuntansi Pemberian Kredit Modal Usaha (Studi Kasus pada PT Bank Rakyat Indonesia Malang)”

Kurniawan, PambagyoAdi (2011) Evaluasi Pengendalian Intern Sistem Akuntansi Pemberian Kredit Modal Usaha (Studi Kasus pada PT Bank Rakyat Indonesia Malang)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Suatu bank yang memberikan kredit kepada nasabah harus memiliki sistem yang terstruktur. Sistem Pengendalian Internal meliputi struktur organisasi, metode dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan untuk menjaga kekayaan organisasi, mengecek ketelitian dan keandalan data akuntansi, mendorong efisiensi dan mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen. Sistem akuntansi adalah organisasi formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem akuntansi pemberian kredit modal usaha pada BRI Cabang Kawi Malang. Dari data yang diperoleh, maka dilakukan analisa terhadap prosedur perusahaan, pemrosesan, penggunaan informasi yang dihasilkan, dan penerapan pengendalian internal perusahaan. Berdasarkan hasil analisis, PT BRI Cabang Kawi Malang secara umum telah memiliki pengendalian intern yang baik atas sistem akuntansi pemberian kredit modal usaha meskipun demikian, masih ada kekurangan yang harus segera diperbaiki. Perbaikan itu adalah dengan melakukan pemisahan tugas antara petugas administrasi kredit dengan petugas taksasi agunan. Formulir juga harus diperbaiki dengan menambahkan Formulir Pemantauan Setelah Pemberian Kredit dan Formulir Hasil Investigasi Kekayaan Debitur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/363/ 051102634
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Aug 2011 11:20
Last Modified: 23 Aug 2011 11:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105398
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item