“Implementasi Shariah Enterprise Theory Melalui Value Added Statement Untuk Menilai Tanggungjawab Perusahaan Perbankan Kepada Stakeholder.

Kurniasari, Indah (2011) “Implementasi Shariah Enterprise Theory Melalui Value Added Statement Untuk Menilai Tanggungjawab Perusahaan Perbankan Kepada Stakeholder. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Selama ini kriteria penilaian kinerja perbankan syariah hanya mengacu pada laba perusahaan yang disajian dalam laporan keuangan konvensional, dimana didasarkan pada entity theory yang mana hanya terfokus pada laba. Jika entity theory dianggap kurang sesuai dengan tujuan yang dimiliki oleh bisnis Islam, maka yang dianggap mewakili adalah enterprise theory karena dalam theori ini perusahaan tidak hanya berfokus pada laba tapi juga pada pada stakeholder , namun enterprise theory dianggap belum dapat menampung aspek pertanggungjawaban dan ketundukan terhadap syariah yaitu tanggungjawab distribusi harta zakat. Maka shariah enterprise theory yang dianggap lebih dapat mewakili bagaimana kinerja entitas bisnis Islam diukur dan dilaporkan karena memiliki cakupan akuntabilitas yang lebih luas dibandingkan dengan Enterprise Theory (ET). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja perbankan syariah apabila menggunakan Shariah Enterprise Theory melalui Value Added Statement . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yakni dengan mendeskripsikan hasil temuan berupa kinerja keuangan PT. BMI Tahun 2007, 2008 dan 2009 yang menggunakan pendekatan nilai tambah (value added), dan dilanjutkan dengan melakukan analisis terhadap terhadap hasil temuan untuk mendapatkan pemahaman yang memadai tentang hasil temuan. Sumber data penelitian ini adalah Laporan keuangan PT. BMI Tahun 2007, 2008 dan 2009 serta literatur terkait. Dari perhitungan menunjukkan bahwa terjadi knaikan nilai tambah sebesar 7,50% pada tahun 2008 dan 18,33% pada tahun 2009. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan perhitungan distribusi nilai tambah dapat dilihat bahwa BMI bukanlah instasi atau perusahaan yang bersifat shareholder oriented , dimana perusahaan hanya bertanggungjawab kepada para pemegang saham. Dilihat dari laporan nilai tambah, terlihat bahwa selain mengutamakan para pemegang saham serta perusahaannya, ternyata Bank Muamalat Indonesia lebih concern pada stakeholder terlebih pada para penyandang dana serta karyawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/361/ 051102617
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Aug 2011 09:35
Last Modified: 24 Aug 2011 09:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105396
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item