Analisis hubungan kausalitas antara nilai tukar dan inflasi : Implikasi Penerapan Manajemen Nilai Tukar Terhadap Pencapaian Target Inflasi”.

DitaNurulAini (2011) Analisis hubungan kausalitas antara nilai tukar dan inflasi : Implikasi Penerapan Manajemen Nilai Tukar Terhadap Pencapaian Target Inflasi”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Melihat pada kondisi perekonomian Indonesia secara umum, di bawah rezim sistem US dollar standar, nilai tukar mengambang, dan kerangka kebijakan moneter inflation targeting (IT) , maka fleksibilitas nilai tukar dapat berpengaruh terhadap perubahan laju inflasi dan begitu pula sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan nilai tukar terhadap inflasi dan juga untuk mengetahui pengaruh inflasi terhadap perubahan nilai tukar di Indonesia sebelum dan sesudah diterapkannya inflation targeting . Untuk mengetahui hubungan tersebut, maka dilakukan pengujian dengan menggunakan model Vector Auto Regresion (VAR) dan Vector Error Corection Model (VECM). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh, respon terhadap shock maupun hubungan kausalitas antara nilai tukar dan inflasi sebelum dan sesudah penerapan IT ( Inflation Targeting ) di Indonesia. Nilai tukar berpengaruh terhadap inflasi baik sebelum maupun sesudah penerapan kebijakan IT. Sedangkan inflasi berpengaruh pada periode sebelum diterapkannya IT. Untuk periode sesudahnya, inflasi tidak berpengaruh karena lebih banyak dipengaruhi oleh SBI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/36/ 051100559
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Mar 2011 12:19
Last Modified: 29 Nov 2018 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105394
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item