Analisa Bentuk dan Peranan Modal Sosial Dalam Pemenuhan Faktor dan Sarana Produksi Padi (Studi Kasus: Kelompok Tani Sri Rejeki Kelurahan Polowijen, Kecamatan Blimbing, Kota Malang).

Fahrudin, Wildan (2011) Analisa Bentuk dan Peranan Modal Sosial Dalam Pemenuhan Faktor dan Sarana Produksi Padi (Studi Kasus: Kelompok Tani Sri Rejeki Kelurahan Polowijen, Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja permasalahan yang dihadapi petani terkait faktor dan sarana produksi padi dan peranan modal sosial dalam mengatasi permasalahanpermasalahan tersebut. Kemudian dari keduanya dapat diketahui modal sosial yang ideal bagi Kelompok Tani Sri Rejeki. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan snowball sampling . Metode ini dipilih dengan cara menetapkan informan kunci, lalu berdasarkan dari informasi dari informan tadi bisa kita tetapkan sampel yang lain lagi hingga informasi yang diperoleh tidak bervariasi lagi. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Ketua Kelompok Tani Sri Rejeki. Alat analisa yang digunakan adalah analisis secara kualitatif dengan menggunakan peer debriefing, member check, dan cross check. Dalam penelitian ini, proses pengumpulan dan analisis data dilakukan secara simultan dan bolak-balik yang memperlihatkan sifat interaktif koleksi data atau pengumpulan data dengan analisis data yang dilakukan. Bentuk modal sosial yang berperan dalam pemenuhan faktor dan sarana produksi dalam penelitian ini antara lain kepercayaan (trust) pada kebenaran informasi yang diterima sehingga langsung diterapkan, jaringan (network) kerjasama yang berbentuk aliran informasi dan terbukanya akses dengan pihak luar, kapasitas informasi, kekerabatan/kekeluargaan dan norma bener ketenger, becik ketitik, ala ketara. Selanjutnya, modal sosial yang sesuai atau ideal bagi kelompok tani Sri Rejeki adalah modal sosial dengan perspektif jaringan dan norma yang didukung dengan adanya kontrak relasional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/356/ 051102612
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Aug 2011 10:29
Last Modified: 24 Aug 2011 10:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105390
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item