Pengaruh Kandungan Informasi Komponen Laporan Arus Kas, Laba Kotor, dan Size Perusahaan Terhadap Return Saham (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Taftazani, Nufriadi (2011) Pengaruh Kandungan Informasi Komponen Laporan Arus Kas, Laba Kotor, dan Size Perusahaan Terhadap Return Saham (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Laba dan arus kas digunakan oleh pemegang saham sebagai ukuran kinerja dalam pengambilan keputusan investasi. Selain itu investor juga mempertimbangkan ukuran perusahaan sebagai karakteristik keuangan perusahaan untuk lebih meyakinkan dalam pengambilan keputusan investasi. Penelitian ini menguji secara empiris mengenai pengaruh informasi laporan arus kas, laba kotor dan size perusahaan terhadap return saham. Sampel penelitian ini adalah perusahaan yang termasuk indeks Manufaktur mulai tahun 2007-2009 dengan menggunakan metode purposive sampling . Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara simultan variabel komponen arus kas, laba kotor dan size perusahaan berpengaruh signifikan terhadap return saham. Secara parsial menunjukan bahwa arus kas investasi dan arus kas pendanaan berpengaruh signifikan terhadap return saham. Sedangkan arus kas operasi, laba kotor, dan size perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/349/ 051102605
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Aug 2011 11:11
Last Modified: 22 Aug 2011 11:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105382
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item