Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (Social Disclosure) pada Perusahaan Real Estate and Property di Bursa Efek Indonesia

Irawati, Anifa (2011) Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (Social Disclosure) pada Perusahaan Real Estate and Property di Bursa Efek Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan yang diproksikan dengan ukuran perusahaan, komposisi dewan komisaris, profitabilitas dan leverage terhadap luas pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Alat uji statistik yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Sampel dalam penelitian ini adalah 33 perusahaan real estate and property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009. Data yang digunakan berupa laporan tahunan (annual report) periode tahun 2009. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari seluruh variabel independen dalam penelitian ini, hanya variabel ukuran perusahaan yang memiliki pengaruh signifikan terhadap luas pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Sedangkan variabel komposisi dewan komisaris, profitabilitas dan leverage terbukti tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan seluruh variabel independen terbukti berpengaruh terhadap luas pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Besarnya pengaruh (R2) keempat variabel independen tersebut terhadap luas pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan adalah sebesar 36,2%, sedangkan sisanya yakni sebesar 63,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi.

English Abstract

This study aims to determine the influence of firm characteristics that proxy with firm size, board composition, profitability and leverage toward extent of corporate social responsibility disclosure. Statistical tools used were multiple linear regression analysis. The sample in this study is 33 real estate and property companies listed in Indonesian Stock Exchange in 2009. The data used in the form of annual reports period in 2009. The results showed that of all independent variables in this study, only size of the company that have a significant influence on the extent of corporate social responsibility disclosure. Meanwhile, board composition, profitability and leverage variables did not prove significant. Simultaneously all the independent variables proved to affect the extent of corporate social responsibility disclosure. The effect (R2) of that four variables toward extent of corporate social responsibility disclosure amounted to 36.2%, while 63.8% the left over is influenced by other variables which not included in the regression model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/341/051102552
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2011 09:18
Last Modified: 18 Oct 2021 13:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105374
[thumbnail of 051102552.pdf]
Preview
Text
051102552.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item