Evaluasi Penentuan Harga Pokok Produksi pada Bidang Usaha Real Estate atau Developer : Studi Kasus di PT. Unggul Perkasa Mandiri, Sidoarjo

Rohmaniyah, Faiqoh (2011) Evaluasi Penentuan Harga Pokok Produksi pada Bidang Usaha Real Estate atau Developer : Studi Kasus di PT. Unggul Perkasa Mandiri, Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Harga pokok merupakan elemen penting bagi perusahaan yang digunakan sebagai dasar dalam penetapan tarif sehingga diperlukan ketepatan dalam penentuannya. Harga pokok produksi terdiri atas biaya-biaya yang ditimbulkan dari adanya aktivitas produksi, dari aktivitas pembelian bahan sampai dengan proses pembuatan hingga menjadi barang jadi. Perusahaan real estate selalu menggunakan harga pokok pesanan dalam mengumpulkan harga pokok produksi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus karena peneliti menemukan permasalahan di lapangan dan melakukan analisis terhadap masalah tersebut menggunakan teori yang diterima saat kuliah. Skripsi ini membahas tentang penentuan harga pokok produksi pada real estate PT. Unggul Perkasa Mandiri. Metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan analisis data menggunakan metode harga pokok pesanan. Penggunaan metode harga pokok pesanan memberikan manfaat bagi perusahaan dalam menentukan besarnya harga pokok produksi, yaitu perusahaan dapat menghitung dan mengalokasikan biaya-biaya yang dikeluarkan ke dalam perhitungan yang sesuai dengan teori, yaitu ke dalam kartu biaya pesanan dimana setiap biaya produksi dihitung berdasarkan pesanan tertentu. Biaya-biaya tersebut meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik. Setelah diperoleh besarnya harga pokok produksi, kemudian menghitung harga pokok penjualan yang pada akhirnya digunakan untuk menentukan harga jual serta keuntungan yang diharapkan perusahaan. Untuk pengakuan pendapatan, yang digunakan adalah metode akrual dimana perusahaan mempunyai hak untuk melakukan penagihan dari hasil kegiatan produksinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/339/051102549
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2011 11:06
Last Modified: 18 Oct 2021 13:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105371
[thumbnail of 051102549.pdf]
Preview
Text
051102549.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item