Nurwasilah, RahmaDhanianti (2011) Pengaruh Kredibilitas Sule (Entis Sutisna) sebagai Endorser Iklan Terhadap Minat Konsumen dalam Membeli Kartu Telepon Seluler Merek Kartu As. : Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Bra. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas Sule sebagai endorser yang terdiri dari tiga atribut, yaitu: (1) keahlian, (2) kepercayaan, dan (3) daya tarik terhadap minat konsumen dalam membeli kartu telepon seluler merek Kartu As pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel terikat (kredibilitas selebriti endorser) terhadap variabel bebas (minat beli konsumen) maka menggunakan analisis regresi dengan metode analisis uji t dan uji F. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel yang sudah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 180 mahasiswa/I S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Sedangkan pengambilan judgement sampling atau purposive sampling.Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F hitung dan uji t hitung. Untuk menganalisa data yang digunakan uji regresi linier berganda dan uji asumsi klasik, yaitu uji normalitas, uji multiklinearitas, dan uji heterokedastisitas. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel keahlian (X1), kepercayaan (X2), dan daya tarik (X3) memiliki pengaruh signifikan terhadap minat konsumen dalam membeli kartu telepon seluler merek Kartu As dengan signifikansi 0,000 dan dengan koefisien determinasi sebesar (adjusted R2) sebesar 0,357 (35,7%). Sedangkan secara parsial, variabel keahlian (X1) dan daya tarik (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen dengan masing-masing pengaruh sebesar 0,513 dan 0,204, sedangkan variabel kepercayaan tidak berpengaruh yang signifikan, dengan taraf signifikan sebesar 0,517 dan koefisien beta sebesar 0,044. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap minat beli konsumen yaitu variabel keahlian dengan sebesar 0,513. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ketiga variabel bebas, yaitu keahlian, kepercayaan, dan daya tarik secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap minat konsumen dalam membeli kartu telepon seluler merek Kartu As, sedangkan secara parsial tidak. Variabel keahlian (X1) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap minat konsumen dalam membeli kartu telepon seluler merek Kartu As.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2011/332/051102451 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jun 2011 09:18 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 12:58 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105364 |
![]() |
Text
051102451.pdf Download (3MB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (33kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (14kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (3kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (1kB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |