Rekonstruksi etika asisten dosen Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya

Piwandini, FachmiliaAlfen (2011) Rekonstruksi etika asisten dosen Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang rekonstruksi kode etik organisasi asisten dosen Jurusan Akuntansi (OADA). Tujuan dari rekonstruksi kode etik ini adalah, (1) untuk mengetahui bagaimana praktik etika sisten dosen Jurusan Akuntansi, (2) untuk mengevaluasi implementasi atas kode etik yang sudah ada, dan (3) untuk membuat sebuah usulan kode etik asisten dosen Jurusan Akuntansi yang baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode eksplorasi. Penelitian dilakukan di Jurusan Akuntani Universitas Brawijaya. Evaluasi terhadap kode etik ini dibangun berdasarkan pendapat dosen, asisten dosen, mahasiswa, dan mantan asisten dosen Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya yang diperoleh dari hasil wawancara. Kebutuhan atas penyusunan kode etik dalam sebuah organisasi merupakan hal yang jelas saat ini. Sayangnya, belum ada penjelasan yang cukup mengenai bagaimana penyusunan dan pengimplementasian kode etik pada sebuah organisasi. Berdasarkan hasil wawancara dapat diketahui bahwa secara umum etika asisten dosen dalam pelaksanaan tugas mengajarnya dapat dikatakan baik. Pada kenyataannya pelanggaran atas kode etik memang masih terjadi tetapi hanya dalam kuantitas yang relatif rendah dan masih dalam batas toleransi, salah satu penyebab hal ini terjadi adalah kurangnya sosialisasi dan komunikasi atas kode etik asisten dosen yang ada saat ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/330/051102449
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2011 11:22
Last Modified: 18 Oct 2021 12:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105362
[thumbnail of 051102449.pdf]
Preview
Text
051102449.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item