Pengaruh kondisi keuangan, leverage dan ukuran perusahaan terhadap penerimaan opini audit dengan penjelasan Going Concern : Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indo

Putra, HerryCandra (2011) Pengaruh kondisi keuangan, leverage dan ukuran perusahaan terhadap penerimaan opini audit dengan penjelasan Going Concern : Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh kondisi keuangan perusahaan, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap penerimaan opini audit going concern pada suatu perusahaan. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia mulai tahun 2007 sampain 2009. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang menghasilkan 25 perusahaan sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengujian pengaruh dari variabel independen (Kondisi keuangan, leverage dan ukuran perusahaan) terhadap variabel dependen (opini audit going concern) menggunakan model regresi logistik. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa kondisi keuangan perusahaan yang diproksikan dengan Z score dari model prediksi kebangkrutan Altman dan ukuran perusahaan yang diproksikan dengan natural logaritman total aset berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern. Varibel independen lainnya yaitu leverage terbukti tidak berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/317/051102421
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2011 10:44
Last Modified: 18 Oct 2021 12:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105350
[thumbnail of 051102421.pdf]
Preview
Text
051102421.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item