Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi : Studi pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Brawijaya

Nusuqi, NurAnisa (2011) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi : Studi pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa akuntansi. Penelitian ini merupakan perluasan dari penelitian Al-Twaijry (2010) dan Faridah (2003). Dalam penelitian ini terdapat perubahan objek yang diteliti yakni prestasi belajar secara keseluruhan dengan tingkat intelegensi, lingkungan belajar, ability dan effort, motivasi belajar, kebiasaan belajar, dan fasilitas belajar sebagai variabel independen. Prestasi belajar diproksikan dengan menggunakan IPK dan nilai mata kuliah akuntansi. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada 100 responden yang semuanya adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda sebagai satu model analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat intelegensi, lingkungan belajar, ability dan effort, motivasi belajar, kebiasaan belajar, dan fasilitas belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap IPK dan nilai mata kuliah akuntansi. Hasil pengujian secara parsial juga menunjukkan hasil yang signifikan. Hasil penelitian ini konsisten dengan Faridah (2003) yang menunjukkan bahwa ability dan effort serta kebiasaan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/308/051102319
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2011 10:38
Last Modified: 18 Oct 2021 12:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105340
[thumbnail of 051102319.pdf]
Preview
Text
051102319.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item