Pengaruh Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Saham Manajerial sebagai Variabel Pemoderasi : Studi Kasus pada Perusahaan High Profile yang Terdafta

Zikria, Rizka (2011) Pengaruh Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Saham Manajerial sebagai Variabel Pemoderasi : Studi Kasus pada Perusahaan High Profile yang Terdafta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan (2) Pengaruh kepemilikan saham manajerial sebagai variabel pemoderasi dalam hubungan antara pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan dengan nilai perusahaan. Sampel penelitian ini adalah perusahaan yang termasuk dalam kategori high profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2006-2009. Terdapat 24 perusahaan dengan 96 observasi yang memenuhi kreiteria sebagai sampel penelitian. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana untuk hipotesis 1 dan analisis regresi multipel dengan analisis regresi moderasi (MRA) untuk hipotesis 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pengungkapan CSR berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (2) Kepemilikan saham manajerial sebagai variabel pemoderasi dalam hubungan antara pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan dengan nilai perusahaan tidak signifikan.

English Abstract

The aim of this research is to know: (1) The influence of corporate social responsibility disclosure to firm value (2) The influence of managerial ownership as the moderating variable in relations between corporate social responsibility disclosure and firm value. The sample of this research is the company which is categorized as high profile company and listed on Indonesia Stock Exchange (IDX) over 2006-2009. There 24 companies with 96 observations which are fulfilling criterion as research sample. The analysis methods of this research used simple regression analysis for hypothesis 1 and multiple regression analysis with Moderated Regression Analysis (MRA) for hypothesis 2. The results of this study show that : (1) The effect of corporate social responsibility disclosure on firm value was significant (2) Managerial ownership as the moderating variable in relation between corporate social responsibility disclosure and firm value was not significant.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/303/051102314
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2011 09:37
Last Modified: 18 Oct 2021 12:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105335
[thumbnail of 051102314.pdf]
Preview
Text
051102314.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item