Pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap respon investor : Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Magdalena, Ayu (2011) Pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap respon investor : Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan harga saham dan trading volume activity pada saham perusahaan kategori high profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebelum dan setelah pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan. Penelitian ini menggunakan event study, dimana dilakukan pengamatan terhadap harga saham dan trading volume activity selama 5 hari sebelum, event date, dan 5 hari setelah peristiwa. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi laporan tahunan perusahaan, harga saham penutupan harian dan volume perdagangan harian. Sedangkan sampel yang digunakan adalah saham-saham yang termasuk dalam kategori perusahaan high profile di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Berdasarkan uji statistik terhadap unexpected trading volume activity saham selama periode peristiwa, ditemukan bahwa peristiwa pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan tidah berpengaruh terhadap unexpected trading volume activity. (2) Dari hasil uji dua sampel berpasangan, Trading Volume Activity sebelum dan setelah peristiwa pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan, menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap rata-rata Trading Volume Activity sebelum dan setelah peristiwa pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan. (3) Dari hasil uji dua sampel berpasangan, harga saham sebelum dan setelah peristiwa pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap harga saham sebelum dan setelah peristiwa pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/299/051102265
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2011 09:56
Last Modified: 18 Oct 2021 11:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105329
[thumbnail of 051102265.pdf]
Preview
Text
051102265.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item