Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Obat – Obatan Sebagai Upaya Peningkatan Efektivitas Pengendalian Internal : Studi Kasus Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar

Wardhani, EkaYunia (2011) Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Obat – Obatan Sebagai Upaya Peningkatan Efektivitas Pengendalian Internal : Studi Kasus Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem Informasi akuntansi merupakan hal yang sangat penting bagi pihak manajemen karena berhubungan dengan data keuangan perusahaan yang memiliki pengaruh signifikan dalam pencapaian tujuan perusahaan. Sistem Informasi akuntansi yang berkualitas disertai dengan pengawasan akan mampu meningkatkan pengendalian intern perusahaan dengan optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem informasi akuntansi persediaan obat - obatan sebagai upaya peningkatan efektivitas pengendalian intern pada Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif. Penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara, serta penelitian kepustakaan. Analisis dan evaluasi kemudian dilakukan terhadap seluruh data yang dikumpulkan untuk mengetahui efektivitas pengendalian intern yang diterapkan pada sistem dan prosedur pengadaan dan pendistribusian persediaan obat. Analisis yang dilakukan menyangkut elemen-elemen pengendalian intern yang terdapat di dalam kedua sistem dan prosedur tersebut. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan sistem informasi akuntansi Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar secara umum telah dilaksanakan dengan cukup baik dan memadai. Hal ini dapat dilihat pada pelaksanaan sistem dan prosedur yang berjalan sesuai dengan PP No. 60 Tahun 2008 Tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/295/051102261
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2011 09:28
Last Modified: 18 Oct 2021 11:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105325
[thumbnail of 051102261.pdf]
Preview
Text
051102261.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item