Indikasi Manajemen Laba pada Perusahaan yang Initial Public Offerings Di Bursa Efek Indonesia : Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Tahun 2004-2008

Rizki, DiniNovinia (2011) Indikasi Manajemen Laba pada Perusahaan yang Initial Public Offerings Di Bursa Efek Indonesia : Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Tahun 2004-2008. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Initial Public Offerings (IPO) merupakan saat yang penting bagi suatu perusahaan yang akan go public. Persepsi investor terhadap suatu perusahaan dapat dilihat dari laba yang ada di dalam laporan keuangan. Hal inilah yang terkadang membuat manajemen perusahaan melakukan manajemen laba agar perusahaan terlihat dengan laporan keuangan yang bagus sehingga investor mau menanamkan modal di perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi ada tidaknya indikasi manajemen laba pada perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode satu tahun sebelum IPO dengan melakukan income increasing discretionary accruals dan ada tidaknya indikasi manajemen laba pada perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode satu tahun setelah IPO dengan melakukan income decreasing discretionary accruals. Penelitian ini menggunakan perusahaan yang melakukan IPO di BEI periode tahun 2004 sampai dengan 2008 kecuali perusahaan yang bergerak dalam industry property, real estate, dan keuangan, juga keuangan. Dalam pemilihan sampel digunakan metode purposive judgment sampling dan mendapatkan sampel sebanyak 44 perusahaan. Penelitian ini menggunakan Modified Jones Model untuk menemukan discretionary accruals yang digunkan sebagai variabel penelitian. Hasil penelitian ini adalah tidak ditemukan bukti yang kuat bahwa terdapat indikasi manajemen laba pada perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode satu tahun sebelum IPO dengan melakukan income increasing discretionary accruals, tetapi ditemukan bukti yang kuat bahwa terdapat indikasi manajemen laba pada perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode satu tahun setelah IPO dengan melakukan income decreasing discretionary accruals.

English Abstract

Initial Public Offerings (IPO) is an important moment for a company when it will go public. The perception of investor can be concluded by the company’s provit in financial report. That makes the company doing earnings management so the financial report looks good then the investor will invest their fund in that company. This research has goal to indicate the earnings management for IPO in BEI in one year before IPO with income increasing discretionary accruals and to indicate the earnings management for IPO in BEI in one year after IPO with income decreasing discretionary accruals. The population of this research is the company which doing IPO in 2004 until 2008, except for property, real estate, construction, and financial industry. Purposive judgment method is used to get samples and found 44 companies for the samples it self. This research used Modified Jones Model to get discretionary accruals as a research variable. The result of this research that earnings management weren’t found for the company that doing IPO in BEI in one year before IPO with income increasing discretionary accruals and earnings management were found for the company that doing IPO in BEI in one year after IPO with income decreasing discretionary accruals.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/294/051102260
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2011 09:18
Last Modified: 18 Oct 2021 11:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105324
[thumbnail of 051102260.pdf]
Preview
Text
051102260.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item