Analisis Pengaruh Karakteristik Pekerja Terhadap Penentuan Tingkat Upah Pekerja : Studi Kasus Pada PT.HAIR STAR INDONESIA di Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo

Santoso, WaskitoAdi (2011) Analisis Pengaruh Karakteristik Pekerja Terhadap Penentuan Tingkat Upah Pekerja : Studi Kasus Pada PT.HAIR STAR INDONESIA di Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pekerja yang meliputi status pekerja, jenis kelamin, kelompok umur, dan tingkat pendidikan terhadap penentuan tingkat upah tenaga kerja PT.HAIR STAR INDONESIA di Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo serta untuk mengetahui tingkat kecukupan standar hidup pekerja dari upah yang mereka terima di PT.HAIR STAR INDONESIA dibandingkan dengan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) pekerja yang didasarkan pada kebijakan UMK di Kabupaten Sidoarjo. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh karakteristik pekerja serta penghitungan rasio untuk tingkat kecukupan pekerja. Dari hasil analisis regresi linier berganda dapat disimpulkan bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel independen yang terdiri dari kelompok umur, tingkat pendidikan, jenis kelamin dan status pekerja berpengaruh secara signifikan terhadap penentuan upah pekerja dan secara uji parsial yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa variabel umur (X1) tidak mempengaruhi secara signifikan penentuan upah. Pada variabel jenis kelamin (D1) dapat disimpulkan bahwa variabel tersebut mempengaruhi secara signifikan terhadap penentuan upah di PT.HAIRSTAR INDONESIA dikarenakan perusahaan lebih mengutamakan peran dari pekerja wanita, sebagai konsekuensinya perusahaan mengapresiasi upah pekerja wanita lebih tinggi 11.2% dari pekerja laki-laki. Pada variabel tingkat pendidikan dapat disimpulkan mempengaruhi secara signifikan terhadap penentuan upah, pekerja dengan tingkat pendidikan diatas SLTA lebih tinggi 22.6% dari pekerja dengan tingkat pendidikan SLTP dan lebih tinggi 23.2% dari pekerja dengan tingkat pendidikan SLTA. Pada variabel status pekerja dapat disimpulkan mempengaruhi secara signifikan terhadap penentuan upah, upah yang diterima pekerja tetap lebih tinggi 41.5 % dari pekerja borongan dan untuk upah yang diterima pekerja kontrak juga lebih tinggi 14.7 % dari pekerja borongan. Dalam penghitungan rasio yang didapatkan, mengindikasikan bahwa untuk standar hidup para pekerja di PT.HAIR STAR INDONESIA pada kelompok kebutuhan makanan dan fasilitas rumah tangga telah terjamin oleh kebijakan (KHL) yang ditetapkan Kabupaten Sidoarjo atau dapat dikatakan sesuai dengan kebijakan pengupahan Kabupaten Sidoarjo akan tetapi pada kelompok pakaian atau sandang belum terjamin oleh kebijakan (KHL) yang ditetapkan Kabupaten Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/287/051102238
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2011 09:32
Last Modified: 18 Oct 2021 11:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105316
[thumbnail of 051102238.pdf]
Preview
Text
051102238.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item