Pengaruh kapasitas sumber daya manusia, penerapan teknologi informasi, dan pengendalian internal terhadap nilai pelaporan keuangan dengan E-Government System : Sudi Pada Pemerintah Kabupaten Sragen

Leafa, MayraSyamsia (2011) Pengaruh kapasitas sumber daya manusia, penerapan teknologi informasi, dan pengendalian internal terhadap nilai pelaporan keuangan dengan E-Government System : Sudi Pada Pemerintah Kabupaten Sragen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sesuai dengan SAP sebagaimana diatur peraturan pemerintah no 24 tahun 2005 yang salah satunya menyatakan tujuan laporan keuangan pemerintah daerah adalah untuk akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah dan sumber informasi untuk membuat keputusan bagi pemakai laporan keuangan. Untuk mencapai tujuan maka laopran keuangan harus berkarakteristik. Namun, fakta yang ada menunjukkan bahwa Pemerintah daerah masih belum bisa menyusun laporan keuangan daerah sesuai dengan SAP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kapasitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, dan pengendalian intern terhadap nilai informasi pelaporan keuangan pemerintah daerah yang menerapkan Egovernment meliputi keterandalan, ketepatwaktuan, ketaatatasan, dan keterpahaman. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang menggunakan kuesioner untuk mendapatkan data. Sampel penelitian ini adalah kepala dan staf sub bagian keuangan Kabupaten Sragen. Metoda statistik yang digunakan untuk menganalisis data adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kapasitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, dan pengendalian intern berpengaruh signifikan positif terhadap nilai informasi pelaporan keuangan. Hal ini memberikan implikasi pada evaluasi dan peningkatan penerapan E-government untuk mencapai nilai informasi pelaporan keuangan pemerintah daerah sebagaimana dinyatakan dalam Standar Akuntansi Pemerintah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/284/051102235
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2011 10:17
Last Modified: 18 Oct 2021 11:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105313
[thumbnail of 051102235.pdf]
Preview
Text
051102235.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item