Analisis kinerja keuangan dengan Economic Value Added : Studi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Dewi, CarolinaShinta (2011) Analisis kinerja keuangan dengan Economic Value Added : Studi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2007-2009 dengan Economic Value Added. Perusahaan pertambangan yang dipilih berdasarkan kriteria sampel penelitian yang telah ditentukan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian diskriptif kuantitatif dimana menggambarkan tentang kondisi perusahaan dengan cara melakukan analisis terhadap kondisi tertentu perusahaan secara kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel 5 perusahaan dengan periode 2007-2009 sehingga total observasi sebanyak 15. Metode analisis data penelitian menggunakan analisis kuantitatif dimana merupakan metode analisis terhadap data yang berbentuk angka atau bilangan dengan teknik perbandingan yang berupa perhitungan baik matematis maupun statistik yang didasarkan pada rumus-rumus relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan EVA, dapat diperoleh pengukuran kinerja keuangan perusahaan yang secara adil mampu mensejahterakan para pemegang saham atau investor. Perusahaan yang mampu menghasilkan nilai EVA positif berarti mampu menghasilkan Net Operating After Taxes (NOPAT) yang tinggi dan mampu menutupi biaya modal (Cost of Capital) yang dikeluarkan perusahaan untuk memperoleh laba. Jadi perusahaan yang mengharapkan nilai EVA positif dan mampu memberi nilai tambah (value creation) bagi para pemegang saham harus mampu meningkatkan nilai Net Operating After Taxes (NOPAT) dan meminimalkan biaya modal (Cost of Capital) .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/283/051102234
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2011 13:24
Last Modified: 18 Oct 2021 11:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105312
[thumbnail of 051102234.pdf]
Preview
Text
051102234.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item