Analisis Sistem Pengendalian Internal atas sklus kredit : Studi kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk Unit Dinoyo Malang

Rozi, Miftakhur (2011) Analisis Sistem Pengendalian Internal atas sklus kredit : Studi kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk Unit Dinoyo Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan program yang dicanangkan pemerintah namun sumber dananya berasal sepenuhnya dari dana bank yang bertujuan untuk mempercepat pengembangan sektor rill dan pemberdayaan UMKM, untuk meningkatkan akses pembiayaan kepada UMKM dan Koperasi, dan untuk penanggulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja. Salah satu bank penyalur KUR adalah BRI. KUR juga mempunyai resiko yaitu resiko kredit macet. Untuk menghindari adanya kredit macet maka diperlukan suatu sistem dan prosedur yang baik dalam pemberian kredit hingga pengembalian kredit. Penelitian ini bertujuan untuk memahami, dan menganalisis pengendalian internal atas pemberian dan pengembalian kredit di PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk Unit Dinoyo Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dimana penelitian ini lebih menggambarkan mengenai situasi serta keadaan yang terjadi pada BRI unit Dinoyo Malang yang diperoleh melalui wawancara, pengumpulan dokumen, dan pengamatan. Gambaran ini kemudian dievaluasi dan dianalisis berdasarkan COSO (Committee of Sponsoring Organization) yang terdiri dari lima komponen pengendalian internal yang meliputi lingkungan pengendalian, penilaian resiko, prosedur pengendalian, informasi dan komunikasi serta monitoring (pemantauan) kemudian diberikan alternatif solusi terhadap permasalahan yang muncul. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut : Sistem pengendalian internal dalam hal pemberian dan pengembalian kredit yang ada di PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Unit Dinoyo Malang sudah baik. akan tetapi masih memliki beberapa kekurangan dalam struktur organisasi dan kebijakan bank unit tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/282/051102199
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2011 13:37
Last Modified: 18 Oct 2021 10:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105311
[thumbnail of 051102199.pdf]
Preview
Text
051102199.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item