Mayasari, Ira (2011) Pengaruh Atribut Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Rinso Anti Noda : Survei pada Ibu Rumah Tangga yang Berdomisili di RW I dan RW III Desa Tunjung Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data pokok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah atribut produk dan harga mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian Rinso Anti Noda dan untuk mengetahui manakah yang berpengaruh dominan. Dalam penelitian ini terdapat lima variabel bebas yang diteliti, yaitu : variabel merek (X 1), mutu (X2), kemasan (X3), label (X4), dan harga (X5). Sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian (Y). Untuk pengambilan sampel, menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Adapun alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda yang kemudian diuji dengan uji-t da Hipotesis I kesatu, yaitu mencari apakah atribut produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian, menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel merek (X1), mutu (X2), kemasan (X3), label (X4), dan harga (X5) terhadap variabel terikat (Y) dengan koefisien determinasi (R 2) sebesar 64,6%. Uji hipotesis II kedua, yaitu mencari apakah variabel atribut produk dan harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian, ternyata variabel merek, mutu, kemasan, label dan harga berpengaruh secara parsial. Uji hipotesis III ketiga, yang berpengaruh dominan yaitu variabel merek (X1) dengan standardized coefficients beta sebesar 0,289. Berdasarkan hasil penelitian perusahaan harus lebih memperhatikan atribut produk (terutama faktor merek, mutu, kemasan, dan label) serta harga karena mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian konsumen terhadap sabun cuci Rinso Anti Noda. Pemasar hendaknya juga memperhatikan faktor merek yang mempunyai pengaruh lebih besar dari variabel lainnya, salah satunya dengan membangun brand image yang baik karena merek yang baik akan menciptakan persepsi kualitas yang baik pula dibenak konsumen.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2011/266/051102144 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id |
Date Deposited: | 05 May 2011 10:53 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 21:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105294 |
Preview |
Text
051102144.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |