Dampak kebijakan bailout Bank Century pada perdagangan saham perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Respati, TiesnaJanuria (2011) Dampak kebijakan bailout Bank Century pada perdagangan saham perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fomena Bank Century ini telah menjadi perhatian besar di kalangan publik, terutama bagi para pelaku ekonomi di bursa saham karena dianggap mempunyai muatan politis maupun ekonomi sehingga diprediksi memberikan dampak yang signifikan terhadap aktivitas perdagangan saham. Dalam konteks tersebut, penelitian ini diarahkan sebagai event study guna memperoleh gambaran tentang dampak nyata peristiwa bailout bank century terhadap aktivitas perdagangan di Bursa Efek Indonesia. Pada saat ini penelitian studi peristiwa telah berkembang dengan jangkauan di luar masalah ekonomi, seperti hubungan pasar modal dengan masalah lingkungan, maupun masalah sosial politik. Berkaitan dengan uraian tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan 1) harga pembukaan, 2) harga penutupan, 3) harga tertinggi, 4) harga terendah, dan 5) volume, pada aktivitas perdagangan saham periode sebelum dan sesudah peristiwa bailout Bank Century. Penelitian ini adalah penelitian event study yang menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik uji t sampel berpasangan ( paired sampel t –test ). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel data aktivitas perdagangan di Bursa Efek Jakarta pada periode 30 hari sebelum dan sesudah peristiwa yang diteliti. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tidak signifikan antara 1) harga pembukaan, 2) harga penutupan, 3) harga tertinggi, 4) harga terendah, dan 5)volume perdagangan harian pada periode 30 hari sebelum dan sesudah bailout mengalami penurunan. Dengan demikian terdapat perbedaan aktivitas perdagangan pada periode 30 hari sebelum dan sesudah peristiwa bailout Bank Century, tetapi perbedaan tersebut tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/265/051102143
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 05 May 2011 14:03
Last Modified: 18 Oct 2021 21:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105293
[thumbnail of 051102143.pdf]
Preview
Text
051102143.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item