Audit Operasional atas fungsi pemasaran untuk menunjang efektivitas dan efisiensi kinerja pada Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Kantor Cabang Malang Celaket

Cahyanti, Dinar (2011) Audit Operasional atas fungsi pemasaran untuk menunjang efektivitas dan efisiensi kinerja pada Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Kantor Cabang Malang Celaket. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menilai efektivitas dan efisiensi kinerja pemasaran pada Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Cabang Malang Celaket, serta untuk mengetahui penyebab terjadinya inefektivitas dan inefisiensi dalam kegiatan operasi perusahaan khususnya fungsi pemasaran, memberikan saran atau rekomendasi terhadap setiap temuan audit agar dapat diambil tindakan perbaikan. Area pemasaran dapat terdiri dari: lingkungan pemasaran, strategi pemasaran, organisasi pemasaran, sistem pemasaran, produktivitas pemasaran, dan fungsi pemasaran lain. Audit operasional merupakan suatu proses yang sistematis dari penilaian efektivitas, efisiensi, dan ekonomisasi operasi suatu organisasi yang ada di bawah pengendalian manajemen dan melaporkan kepada orang yang tepat hasil dari penilaian beserta rekomendasi untuk perbaikan. Penilaian kinerja didasarkan pada suatu kriteria yang ditetapkan kemudian dibandingkan dengan kriteria aktual yang ada dalam organisasi tersebut. Penelitian ini berbentuk studi kasus dengan menggunakan metode deskriptif, melalui studi pustaka dan studi lapangan yang antara lain berupa wawancara, observasi dan kuisioner. Penilaian efektivitas dan efisiensi kinerja pemasaran dianalisis dan dievaluasi dengan membandingkan antara criteria , causes , dan effect . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas pemasaran sudah berjalan efisien namun belum sepenuhnya efektif. Untuk itu AJB Bumiputera 1912 Cabang Malang Celaket harus terus berupaya memperbaiki kinerja fungsi pemasarannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/260/051102138
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 05 May 2011 11:24
Last Modified: 18 Oct 2021 21:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105289
[thumbnail of 051102138.pdf]
Preview
Text
051102138.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item