Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja dan Struktur Organisasi terhadap Hubungan antara Total Quality Management dengan Kinerja Manajerial : Studi pada PT. Perkebunan Nusantara XII

Wulandari, DaramitaAsyiah (2011) Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja dan Struktur Organisasi terhadap Hubungan antara Total Quality Management dengan Kinerja Manajerial : Studi pada PT. Perkebunan Nusantara XII. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh sistem pengukuran kinerja, struktur organisasi terhadap hubungan antara total quality management (TQM) dengan kinerja manajerial. Penelitian ini difokuskan pada kepala bagian, manajer wilayah, manajer kebun dan asisten manajer PT. Perkebunan Nusantara XII. Dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Penentuan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling , dan diperoleh sampel sebanyak 70 responden. Berdasarkan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan variabel pemoderasi, diperoleh kesimpulan bahwa secara umum TQM mempengaruhi kinerja manajerial, sedangkan sistem pengukuran kinerja dan struktur organisasi sebagai variabel-variabel moderator tidak mempengaruhi hubungan TQM dengan kinerja manajerial secara signifikan. TQM meningkatkan kinerja manajerial karena dapat memberikan tanggung jawab kepada individu untuk memberikan kinerja yang terbaik dalam menghasilkan output yang sesuai dengan standar kualitas. Kurang berpengaruhnya sistem pengukuran kinerja dan struktur organisasi terhadap hubungan TQM dengan kinerja manajerial merupakan hal yang perlu diperhatikan, hal ini disebabkan oleh pengaruh lingkungan persaingan yang berbeda antara satu unit kerja dengan yang lain, tingkat pemahaman karyawan akan pentingnya sistem pengukuran kinerja sebagai umpan balik, serta struktur organisasi yang masih terpusat dan komunikasi serta koordinasi perusahaan yang vertikal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/259/051102137
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 05 May 2011 13:33
Last Modified: 18 Oct 2021 21:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105287
[thumbnail of 051102137.pdf]
Preview
Text
051102137.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item