Analisis Bauran Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Flexi Pada Divisi Telkom Flexi Regional Office Malang

Amelia, Rizky (2011) Analisis Bauran Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Flexi Pada Divisi Telkom Flexi Regional Office Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bauran pemasaran yang dilakukan oleh Divisi Telkom Flexi Regional Office Malang dalam upaya meningkatkan penjualan produk Flexi. Bauran pemasaran yang dimaksud meliputi : (1).Produk, (2).Harga, (3).Promosi, dan (4).Distribusi. Untuk mengetahui dan menganalisis bauran pemasaran yang dilakukan oleh Divisi Telkom Flexi Regional Office Malang digunakan analisis bauran pemasaran. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dekriptif yang menggambarkan suatu obyek, fenomena atau setting sosial. Penelitian ini menggunakan informan sebanyak 21 orang yang terdiri dari manajer commerce , karyawan bagian sales & promotion , manajer area, dan sales force . Pertimbangan dalam pemilihan informan disesuaikan dengan tujuan penelitian sehingga informan terpilih merupakan pihak-pihak yang mengetahui dan memahami penerapan bauran pemasaran pada Divisi Telkom Flexi Regional Office Malang. Uji yang digunakan untuk menguji validitas dan reabilitas hasil penelitian adalah uji kredibility , uji transferability , uji dependability , dan uji confirmability . Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa berkaitan dengan produk, perusahaan melakukan penambahan layanan pada produk inti dan memberikan kemudahan bagi pelangggan untuk melakukan aktivasi produk pasca bayar. Berkaitan dengan harga, perusahaan melakukan penetapan harga pada 4 situasi yaitu penetapan harga optional , harga produk inti, harga bundling , dan harga bersubsidi. Sedangkan untuk promosi dan distribusi lebih difokuskan melalui community dan outlet . Kedua hal tersebut media promosi yang efektif sekaligus ujung tombak penjualan Flexi sehingga pengelolaan community dan outlet yang baik mampu memberikan kontribusi yang sangat tinggi terhadap penjualan Flexi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang dapat diberikan kepada perusahaan adalah dengan melakukan beberapa pembaruan terkait bauran pemasaran. Dikarenakan kebijakan mengenai produk dan harga hampir seluruhnya berada di bawah kewenangan kantor pusat maka perusahaan perlu membenahi kembali bauran pemasaran yang lain yaitu promosi dan distribusi salah satunya dengan menyediakan keberadaan markas dan merekrut tenaga muda sebagai agen promosi untuk menunjang outlet dan community dalam meningkatkan penjualan Flexi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/256/051102132
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 04 May 2011 11:08
Last Modified: 18 Oct 2021 21:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105284
[thumbnail of 051102132.pdf]
Preview
Text
051102132.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item