Pengaruh akuisisi dan merger terhadap kinerja keuangan perusahaan pengakuisisi dan perusahaan diakuisisi : Studi kasus perusahaan yang terdaftar di bei tahun 2006-

Sholicha, Lailatus (2011) Pengaruh akuisisi dan merger terhadap kinerja keuangan perusahaan pengakuisisi dan perusahaan diakuisisi : Studi kasus perusahaan yang terdaftar di bei tahun 2006-. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh merger dan akuisisi terhadap kinerja perusahaan pengakuisisi dan perusahaan diakuisisi setelah melakukan merger dan akuisisi tersebut. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan perusahaan publik yang terdaftar di BEI kecuali industry keuangan dan melakukan merger dan akuisisi selama tahun 2006-2008, dengan teknik purposive sampling akhirnya diperoleh 9 perusahaan pengakuisisi dan 3 perusahaan diakuisisi sebagai sampel. Kinerja perusahaan dalam penelitian ini dilihat dari rasio keuangan yang terdiri dari rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio leverage, dan rasio profitabilitas serta return saham khususnya pada perusahaan pengakuisisi. Kemudian diuji dengan menggunakan Uji Paired Sampel T-Tes dan Independen Sampel T-Tes. Hasil analisis rasio keuangan pada perusahaan pengakuisisi dan perusahaan diakuisisi menunjukkan tidak adanya perbedaan secara signifikan untuk 1 tahun sebelum dan 1 tahun sesudah merger dan akuisisi, sedangkan return saham pada perusahaan pengakuisisi juga menunjukkan tidak adanya perbedaan antara 1 tahun sebelum dan 1 tahun sesudah merger dan akuisisi. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan secara umum bahwa merger dan akuisisi tidak berpengaruh secara signifikan pada kinerja keuangan perusahaan pengakuisisi dan perusahaan diakuisisi yang diproksikan dengan rasio keuangan dan return saham. Hal ini mungkin dikarenakan lemahnya strategi, kurangnya pengalaman merger dan akuisisi pada perusahaan pengakuisisi dan faktor non ekonomis yaitu untuk menyelamatkan perusahaan target dari kebangkrutan.

English Abstract

This study aims to examine how the effect of mergers and acquisitions on the performance of the acquirer and the acquired company after a merger and acquisition. The population of this study was the overall public company listed on BEI except the financial industry and doing mergers and acquisitions during the year 2006-2008, with purposive sampling technique finally 9 companies acquirer and acquired 3 companies in the sample. Companys performance in this study showed from the financial ratios of liquidity, activity, leverage and profitability, and stock returns, especially on the acquirer. In this study, test of data using statistical analyze are Paired Samples T-Test and Independent Samples T-Test. The result of the analysis of the acquirer and the acquired showed no significant differences before and after mergers and acquisitions. Analysis of return stock showed the same result, no significant difference before and after merger and acquisition. From the results of these studies generally concluded that the merger and acquisition does not have influence on the financial performance of the proxy with the financial ratio and stock return on the acquirer and the acquired company. This may be due to a weak strategy, lack of experience of mergers and acquisitions on the acquirer, to save the target company from bankruptcy and factor non economic the synergism could not be achieved.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/245/051102080
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 11 May 2011 10:39
Last Modified: 18 Oct 2021 21:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105272
[thumbnail of 051102080.pdf]
Preview
Text
051102080.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item