Evaluasi Penerapan Akuntansi Lingkungan sebagai Bentuk Pertanggungjawaban Sosial dalam Upaya Mengurangi Dampak Eksternalitas : Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar, Malang.

Kurniawati, PutriIndah (2011) Evaluasi Penerapan Akuntansi Lingkungan sebagai Bentuk Pertanggungjawaban Sosial dalam Upaya Mengurangi Dampak Eksternalitas : Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar, Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus pada RSUD Dr. Saiful Anwar Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep akuntansi lingkungan, cara yang digunakan untuk melakukan pengelolaan lingkungan hidup, serta bentuk laporan akuntansi lingkungan pada laporan tahunan Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar, Malang. Analisis permasalahan dilakukan dengan tahapan sebagai berikut: (1) mengumpulkan dan mengidentitikasi data mengenai biaya lingkungan dan komponen yang termasuk didalamnya (2) menganalisis mengenai biaya lingkungan (3) mengumpulkan informasi dan menganalisis mengenai pelaporan biaya pengelolaan lingkungan dalam laporan keuangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan akuntansi lingkungan pada Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar, Malang terkait dengan perlakuan aktiva tetap yang digunakan oleh IPL sebagai sarana pengelolaan lingkungan hidup yaitu berupa Insinerator, Ovlofillter, Mesin pengepres lumpur, dan mesin penghancur kertas tidak secara jelas terlihat dalam laporan keuangan rumah sakit. Sedangkan untuk anggaran biaya pengelolaan lingkungan dimasukkan dalam rekening program pengembangan lingkungan sehat. Selain itu, pihak Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar, Malang, tidak mengakui adanya pendapatan atas jasa pengolahan limbah padat medis dari luar rumah sakit yang dibakar di Insinerator. Rumah sakit juga tidak mengakui adanya penghematan atas dimanfaatkannya air limbah yang telah melalui proses laboratorium untuk menyiram tanaman di area rumah sakit. Berdasarkan hasil analisis diatas, peneliti memberikan saran kepada Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar, Malang bahwa seharusnya aktiva tetap diatas dicatat dalam rekening tersendiri serta dilakukan metode penyusutan pada aktiva tetap tersebut. Serta diharapkan adanya pengakuan pendapatan atas jasa layanan pembakaran sampah medis dari pihak ekternal rumah sakit dan penghematan biaya karena digunakannya air limbah untuk penyiraman tanaman, sehingga pihak ekstern mengetahui seberapa besar kepedulian rumah sakit terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/240/ 051102050
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 May 2011 10:08
Last Modified: 04 May 2011 10:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105267
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item