Analisis Sistem Pengendalian Intern Atas Permohonan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang)

Feriston, Holly (2011) Analisis Sistem Pengendalian Intern Atas Permohonan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi atas sistem pengendalian intern (SPI) pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah sistem pengendalian intern atas permohonan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang khususnya pada KPR Griya Utama. Evaluasi terhadap SPI dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara, pengumpulan dokumen, dan pengamatan. Gambaran ini kemudian dievaluasi dan dianalisis yang kemudian diberikan alternatif solusi terhadap permasalahan yang muncul. Analisa yang digunakan berdasarkan Committee Of Sponsoring Organization (COSO), yaitu analisa lingkungan pengendalian, penaksiran resiko, analisa aktivitas pengendalian, analisa informasi dan komunikasi, dan analisa pemonitoran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian intern atas permohonan KPR pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang telah terlaksana secara efektif, namun dalam pelaksanaannya masih ada beberapa kelemahan yaitu Bagian Analisis Kredit Retail lebih dominan dalam kegiatan operasional KPR Griya Utama, bagi pemohon kredit fixed income tidak dilakukan inspeksi on the spot, kurangnya campur tangan pihak lain pada saat permohonan kredit, tidak dilakukannya pemeriksaan fisik terhadap aktiva dan catatan, tidak dilakukannya surprised audit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/239/ 051102049
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 May 2011 10:00
Last Modified: 04 May 2011 10:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105265
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item