Analisis Kualitas Angsuran Kredit Peserta Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) : Studi Kasus PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Kampus Cabang Jember .

Isnayni, Nadhifa (2011) Analisis Kualitas Angsuran Kredit Peserta Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) : Studi Kasus PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Kampus Cabang Jember . Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, jumlah tanggungan keluarga, jumlah pinjaman, jangka waktu pinjaman, omzet usaha, laba usaha, dan pinjaman lain terhadap tingkat pengembalian angsuran kredit peserta program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan (2) mengetahui ada tidaknya perbedaan antara program KUR dengan angsuran lancar dengan menunggak dilihat dari variabel-variabel yang signifikan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode analisis data berupa regresi logistik. Data yang diperoleh melalui wawancara (secara langsung kepada mantri BRI Unit Kampus Cabang Jember) dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel jumlah tanggungan keluarga, jangka waktu pinjaman, omzet, dan laba usaha berpengaruh signifikan terhadap probabilitas angsuran lancar Kredit Usaha Rakyat (KUR) di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Kampus Cabang Jember. Sementara, untuk variabel tingkat pendidikan, jumlah pinjaman, dan pinjaman lain tidak berpengaruh signifikan terhadap probabilitas angsuran kredit lancar. Selanjutnya, untuk perbedaan antara program KUR yang tingkat pengembaliannya lancar dengan yang tingkat pengembaliannya menunggak dalam hal faktor-faktor yang mempengaruhinya dapat dijelaskan berdasarkan analisis deskripsi responden dari keempat variabel yang signifikan, yaitu jumlah tanggungan keluarga, jangka waktu pinjaman, omzet, dan laba usaha dilihat dari masing-masing proporsinya. Hal tersebut kemudian dapat menjadi pertimbangan bagi pihak-pihak yang berkepentingan berkaitan dengan penerimaan calon debitur KUR. Kedepannya, diharapkan dari hasil penelitian ini dapat menjadi referensi sehingga mampu mengurangi terjadinya angsuran kredit yang menunggak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/237/ 051102047
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 May 2011 15:28
Last Modified: 04 May 2011 15:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105263
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item