Evaluasi Pengendalian Internal Sistem Pemberian Kredit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) : Studi Kasus pada KBPR Harta Swadiri.

Maharani, FannyAmellia (2011) Evaluasi Pengendalian Internal Sistem Pemberian Kredit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) : Studi Kasus pada KBPR Harta Swadiri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bank berperan penting dalam pencapaian tujuan nasional yang berkaitan dengan peningkatan dan pemerataan taraf hidup masyarakat. Dalam hal ini, KBPR Harta Swadiri, juga turut andil dalam melaksanakan fungsi dan tujuan bank untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui pemberian kredit bagi para pengusaha mikro, kecil, dan menengah. Keberadaan KBPR Harta Swadiri ini diharapkan mampu membantu permasalahan permodalan yang dihadapi oleh para pengusaha kecil sehingga mampu membangkitkan perekonomian mikro nasional. Penelitian ini merupakan sebuah studi kasus yang menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan sumber data primer, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara dan observasi kepada pihak yang terkait dengan data yang diperlukan. Metode penganalisaan data yang digunakan penulis adalah dengan mengevaluasi sistem pengendalian internal, yang terdiri dari : Analisa Lingkungan, Analisa Penilaian Resiko, Analisa Aktivitas Pengendalian, Analisa Informasi dan Komunikasi, dan Analisa Monitoring. Berdasarkan hasil analisis, sistem pengendalian internal terhadap prosedur pemberian kredit yang diterapkan pada KBPR Harta Swadiri sudah cukup baik. Hal ini terlihat dari unsur struktur pengendalian internal yang telah diterapkan serta sistem pemberian kredit mikro yang telah dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada. Hanya saja terdapat beberapa kekurangan, yaitu adanya perangkapan tanggung jawab dari beberapa bagian tertentu. Oleh karena itu, perlunya dilakukan pemisahan fungsi yang jelas untuk mengurangi timbulnya moral hazard.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/232/ 051102042
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 May 2011 08:55
Last Modified: 05 May 2011 08:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105259
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item