Analisis Variabel-variabel yang Berpengaruh Terhadap Pembayaran Dividen Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di BEI

Fahmi, AlifRaditya (2011) Analisis Variabel-variabel yang Berpengaruh Terhadap Pembayaran Dividen Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di BEI. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh posisi kas, Profitabilitas (ROA), Firm Size dan leverage (DER) pada Perusahaan Consumer Goods . Teknik analisis yang digunakan adalah model regresi linier berganda dengan uji hipotesis yaitu uji F untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan uji t untuk mengetahui pengaruh secara parsial dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling method . Diperoleh sampel sebanyak 16 perusahaan dari 35 perusahaan. Hasil uji F menunjukkan bahwa posisi kas, Profitabilitas (ROA), Firm Size , dan Leverage (DER) memiliki pengaruh signifikan terhadap pembayaran dividen (DPR) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan uji t, dari keempat variabel tersebut yang memiliki pengaruh signifikan terhadap DPR adalah ROA dan DER dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Sedangkan variabel posisi kas dan Firm Size tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap DPR karena nilai signifikansinya sebesar 0,641 dan 0,216. Berdasarkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,602, menunjukkan bahwa keempat variabel independen tersebut memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap pembayaran dividen (DPR) sebesar 60,2%, sedangkan sisanya sebesar 39,8% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak masuk dalam model regresi. ROA dan DER dalam penelitian ini berpengaruh signifikan karena ROA merupakan gambaran suatu perusahaan memanfaatkan asetnya untuk menghasilkan laba, semakin tinggi ROA perusahaan, semakin efektif pula perusahaan memanfaatkan asetnya untuk menghasilkan keuntungan. DER berpengaruh signifikan mengindikasikan bahwa kebijakan hutang pada struktur modal suatu perusahaan berpengaruh terhadap keputusan perusahaan untuk membayarkan dividen kepada pemegang saham. Posisi kas dan firmsize dalam penelitian ini berpengaruh tidak signifikan dikarenakan pada penelitian ini, berdasarkan data deskriptif, perusahaan consumer goods tidak memiliki kesulitan likuiditas, sehingga perusahaan memiliki kemampuan untuk membayarkan dividen kepada pemegang saham. Kemudian, firmsize berpengaruh tidak signifikan karena perusahaan sampel adalah perusahaan besar yang memiliki fleksibilitas pendanaan keuangan, sehingga perusahaan memiliki kemampuan untuk membayarkan dividen kepada pemegang saham.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/231/051102039
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 04 May 2011 10:32
Last Modified: 18 Oct 2021 21:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105258
[thumbnail of 051102039.pdf]
Preview
Text
051102039.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item