Analisis pengaruh faktor fundamental dan ekonomi makro terhadap Return Saham : Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI.

Widowati, Kunthi (2011) Analisis pengaruh faktor fundamental dan ekonomi makro terhadap Return Saham : Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Investor yang melakukan investasi pada perusahaan, tentu telah menganalisis betul kondisi perusahaan tersebut. Salah satu cara untuk mengetahui kondisi perusahaan tersebut para investor dapat melihat dari kinerja keuangannya. Namun selain dilihat dari sisi dalam perusahaan, juga perlu melihat keadaan ekonomi makro juga. Dari kinerja keuangan perusahaan dan ekonomi makro tersebut, investor dapat mengetahui besarnya besarnya faktor fundamental dan faktor ekonomi makro yang berhubungan dengan tingkat return saham yang akan diterima oleh investor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan penjelasan secara teoritis dan menguji secar empiris pengaruh faktor fundamental dan faktor ekonomi makro terhadap return saham pada perusahaan-perusahaan pertambangan listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2006 sampai tahun 2009. Faktor fundamental meliputi variabel Price Earning Ratio (PER) dan Price to Book Value (PBV), sedangkan faktor ekonomi makro meliputi market return dan kurs rupiah terhadap U.S. Dollar . Hasil dari studi empiris, dengan menggunakan analisis linier berganda, terbukti bahwa variabel PER, PBV dan MR mempunyai pengaruh positif terhadap return saham, sementara itu untuk variabel Kurs mempunyai pengaruh negatif terhadap return saham. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan adanya dukunagn terhadap hipotesis dan konsistensi dengan teori.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/23/ 051100540
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Mar 2011 09:42
Last Modified: 30 Mar 2011 09:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105256
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item