Hubungan antara gaya kognitif dengan preferensi pembelajaran kooperatif dan pengaruhnya terhadap prestasi akademik mahasiswa Akuntansi

Susmadewi, NiLuhMade (2011) Hubungan antara gaya kognitif dengan preferensi pembelajaran kooperatif dan pengaruhnya terhadap prestasi akademik mahasiswa Akuntansi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecenderungan tipe gaya kognitif mahasiswa dengan preferensi pembelajaran kooperatif, dan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap prestasi akademik mahasiswa. Gaya kognitif mahasiswa diukur dengan menggunakan Myers Briggs Type Indicator (MBTI). Penelitian ini merupakan perluasan dari penelitian Ramsay, et al ., (2000) dengan penambahan pada variabel yang diteliti, yaitu prestasi akademik mahasiswa. Prestasi akademik diproksikan dengan IPK dan pemahaman materi. Data dalam penelitian ini diperoleh mengggunakan kuesioner yang dilakukan kepada 104 responden mahasiswa Jurusan Akuntansi FE-UB. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda dalam analisis jalur ( path analysis ) yang menjelaskan tata hitung antar variabel dan hubungan mana yang diperhitungkan karena dianggap penting. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecenderungan tipe gaya kognitif extrovert dan feeling mempengaruhi secara signifikan preferensi pembelajaran kooperatif, konsisten dengan hasil penelitian Hutchinson dan Gul (1997), dan Ramsay (2000). Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa preferensi mahasiswa terhadap pembelajaran kooperatif mempengaruhi secara signifikan prestasi akademik pemahaman materi mahasiswa dan IPK mahasiswa, konsisten dengan hasil penelitian Lundgren (1994), dan Slavin (1995). Gaya kognitif, extrovert dan feeling memiliki pengaruh positif langsung terhadap preferensi pembelajaran kooperatif, dan memiliki pengaruh positif tidak langsung terhadap prestasi akademik pemahaman materi maupun IPK melalui variabel preferensi pembelajaran kooperatif.

English Abstract

The purpose of this research is to establish whether an individual’s cognitive style are associated with a greater preference for cooperative learning techniques, and to determine the effects to accounting student achievement. The cognitive style was measured by Myers Briggs Type Indicator (MBTI). This research extends the findings of Ramsay, et al., (2000) with accounting students achievement added. The students achievement was measured with students’ understanding and GPA. Questionnaire was used as the research instrument to 104 accounting students of Brawijaya University. The research data measurement using multiple regression analysis in the path analysis as the step to determine relationship between the variables. The Results show that extroverts and feeling exhibited a preference for cooperative learning. This findings consistent with the result obtained by Hunchitson and Gul (1997) and Ramsay (2000). The Results show that students’ preference for cooperative learning has significant effect to students’s achievement, both subjects understanding and GPA. This findings consistent with the result obtained by Lundgren (1994), dan Slavin (1995). Cognitive style, specifically extrovert and feeling have direct significant effect to students’ preference for cooperative learning, and also indirect significant effect to students’ achievement through cooperative learning variable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/224/051101998
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 28 Apr 2011 09:29
Last Modified: 18 Oct 2021 20:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105250
[thumbnail of 051101998.pdf]
Preview
Text
051101998.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item