Telaah Kritis Strategi Penyaluran Kredit Ritel dalam Kerangka Risk dan Return. (Studi Kasus Pada PT. BRI (persero) Kantor Cabang Kediri).

DianAstari, Kurniawati (2011) Telaah Kritis Strategi Penyaluran Kredit Ritel dalam Kerangka Risk dan Return. (Studi Kasus Pada PT. BRI (persero) Kantor Cabang Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

BRI merupakan salah satu bank pemerintah yang memiliki potensi yang besar untuk menyalurkan kredit. Dengan mengemban misi utama untuk memprioritaskan kredit bagi sektor UMKM, BRI memiliki orientasi kredit ritel pada kegiatan lending yang dijalankannya. Dalam menyalurkan kredit , risk dan return adalah pertimbangan utama bagi BRI sebelum mengalokasikan kredit. Untuk itulah penelitian dengan metode kualitatif deskriptif ini dilakukan dengan tujuan menelaah secara kritis strategi penyaluran kredit ritel BRI Kantor Cabang Kediri dengan menggunakan kerangka risk dan return . Hasilnya, BRI Kantor Cabang Kediri membagi pangsa nasabahnya menjadi dua, yaitu nasabah pendapatan tetap dan pendapatan tidak tetap. Kredit ritel pada nasabah pendapatan tetap memiliki prosedur yang lebih mudah, suku bunga yang lebih rendah, dan jangka waktu yang panjang sehingga menjadi kredit yang paling dominan disalurkan. Hal ini disebabkan karena kredit ritel kepada nasabah pendapatan tetap memiliki tingkat risiko yang rendah dan potensi return yang tinggi (low risk dan high return).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/22/ 051100539
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Mar 2011 10:00
Last Modified: 28 Mar 2011 10:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105245
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item