Pengaruh Kurs, Inflasi, Suku Bunga, dan Expected Return terhadap Harga Saham di Jakarta Islamic Indeks (JII) Tahun 2008-2009

Sagita, Ika (2011) Pengaruh Kurs, Inflasi, Suku Bunga, dan Expected Return terhadap Harga Saham di Jakarta Islamic Indeks (JII) Tahun 2008-2009. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kurs, inflasi, suku bunga, dan expected return terhadap harga saham di Jakarta Islamic Indeks (JII) tahun 2008-2009. Hal ini mengingat bahwa Indonesia masih menggunakan sistem ekonomi konvensional sedangkan saham-saham di Jakarta Islamic Indeks (JII) berbasis Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, yaitu dengan regresi data panel. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel kurs, inflasi, suku bunga, dan ekspeted return berpengaruh signifikan terhadap harga saham di JII. Adapun hasil analisis masing-masing variabel tersebut membuktikan bahwa : (1) Perubahan nilai kurs rupiah terhadap dollar searah dengan perubahan harga saham di JII akibat ketergantungan pengusaha akan bahan baku impor yang cukup tinggi, (2) Top Ten JII sebagian besar didominasi oleh sektor agrikultural dan pertambangan yang banyak diminati investor asing, sehingga pengusaha ketika terjadi inflasi justru mengambil kesempatan raih untung dengan menaikkan harga, (3) Terbukti bahwa suku bunga masih berpengaruh terhadap harga saham-saham di JII dan menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia dengan penduduk mayoritas beragama Islam belumlah memiliki kesadaran untuk menolak riba dalam berinvestasi, namun lebih didasarkan pada pilihan mana yang lebih menguntungkan, (4) Investor JII terbukti tidak memperhatikan expected return dalam menentukan keputusan dalam berinvestasi, padahal dalam berinvestasi secara Islam, harusnya expected return yang menjadi acuan investor dalam mengambil keputusan investasi, (5) Saham-saham termasuk dalam Jakarta Islamic Index (JII) belumlah dapat dikatakan saham Islam melainkan saham yang emitenemitennya telah dipilih dengan kriteria tertentu yang ditentukan oleh Dewan Syariah Nasional dan Bapepam-LK.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/215/051101936
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 12 May 2011 10:30
Last Modified: 18 Oct 2021 20:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105240
[thumbnail of 051101936.pdf]
Preview
Text
051101936.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item