Pengaruh profesionalisme, kesadaran etika profesi dan pengalamanan auditor terhadap pertimbangan tingkat materialitas dalam pemeriksaan laporan keuangan : studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di

Florista, Yuansa (2011) Pengaruh profesionalisme, kesadaran etika profesi dan pengalamanan auditor terhadap pertimbangan tingkat materialitas dalam pemeriksaan laporan keuangan : studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertimbangan auditor tentang materialitas adalah suatu masalah kebijakan profesional dan dipengaruhi oleh persepsi auditor tentang kebutuhan yang beralasan dari laporan keuangan. Profesionalisme, kesadaran etika dan pengalaman seorang auditor diduga merupakan faktor yang mempengaruhi kebijakan auditor. Penelitian untuk mengkaji lebih luas mengenai profesionalisme dengan menguji secara empiris pengaruh profesionalisme auditor terhadap pertimbangan tingkat materialitas merupakan hal yang menarik dan penting untuk dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profesionalisme (pengabdian pada profesi, kewajiban sosial, kemandirian, keyakinan pada profesi, dan hubungan dengan rekan seprofesi), kesadaran etika profesi dan pengalaman auditor berpengaruh secara signifikan baik secara serentak (simultan) maupun secara individu (parsial) terhadap pertimbangan tingkat materialitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/212/051101933
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 11 May 2011 09:31
Last Modified: 18 Oct 2021 20:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105237
[thumbnail of 051101933.pdf]
Preview
Text
051101933.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item