Analisis Kinerja Proyek Pengadaan Ruang Kerja Ditinjau dari Value for Money : Studi Kasus pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Tarakan

AriffadhanaMS (2011) Analisis Kinerja Proyek Pengadaan Ruang Kerja Ditinjau dari Value for Money : Studi Kasus pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Tarakan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengukuran kinerja pada organisasi sektor publik, khususnya organisasi pemerintah baik pusat maupun daerah dalam era otonomi daerah merupakan kebutuhan yang sangat penting. Hal tersebut dikarenakan pengukuran kinerja merupakan salah satu instrumen penting untuk menciptakan akuntabilitas organisasi sektor publik yang yang berdampak pada pelaksanaan good governance yang baik yaitu terciptanya pemerintahan yang bersih dan mampu menyediakan publik good and service . Pengukuran kinerja value for money (ekonomi, efisiensi, efektifvitas) merupakan bagian terpenting setiap pengukuran kinerja organisasi sektor publik. Penelitian ini diadakan untuk mengetahui menjelaskan bagaimana kinerja proyek pengadaan ruang kerja pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Tarakan tahun 2009 dengan menggunakan analisis value for money yang terdiri dari pengukuran ekonomi, efisiensi dan efektifitas. Bentuk penelitian yang dipergunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa analisisi ekonomi kinerja proyek pengadaan ruang sudah ekonomis dapat dilihat dari biaya perencanaan yang dikeluarkan untuk membiayai proyek lebih kecil dari anggaran yang disediakan. Untuk analisis efisiensi kinerja proyek pengadaan ruang kerja sudah efisien dapat dilihat dari realisasi anggaran untuk proyek lebih kecil dari anggaran yang disediakan. Untuk analisis efektifitasi kinerja proyek sudah efektif dapat dilihat dari tercapainya sasaran dari proyek tersebut. Dari analisis value for money dapat disimpulkan bahwa kinerja proyek paengadaan ruang kerja pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Tarakan tahun 2009 sudah baik karena memenuhi semua aspek yaitu ekonomi, efisiensi, efektifvitas. Dari kesimpulan diatas, penulis menyarankan pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Tarakan adalah memberikan jaminan terhadap keamanan dan kenyamanan dalam penggunaan bangunan ruang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/193/051101853
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 05 May 2011 11:09
Last Modified: 18 Oct 2021 20:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105217
[thumbnail of 051101853.pdf]
Preview
Text
051101853.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item