Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Konsumen Mengunjungi Taman Rekreasi Sengkaling Malang

Margyono, Ageng (2011) Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Konsumen Mengunjungi Taman Rekreasi Sengkaling Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan, parsial dan variabel mana yang dominan atas bauran pemasaran jasa yang terdiri dari delapan variabel, yaitu : produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, bukti fisik, dan layanan pelanggan terhadap keputusan konsumen mengunjungi Taman Rekreasi Sengkaling Malang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini dijelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel bebas yaitu produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, bukti fisik, dan layanan pelanggan terhadap keputusan konsumen mengunjungi Taman Rekreasi Sengkaling Malang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 orang yaitu pengunjung Taman Rekreasi Sengkaling Malang. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F hitung dan t hitung . Untuk menganalisis data yang digunakan uji regresi linier berganda dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa secara simultan variabel produk (X 1 ), harga (X 2 ), tempat (X 3 ), promosi (X 4 ), orang (X 5 ), proses (X 6 ), bukti fisik (X 7 ) serta layanan pelanggan (X 8 ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen mengunjungi Taman Rekreasi Sengkaling Malang (Y). Sedangkan secara parsial, variabel produk (X 1 ), variabel promosi (X 4 ) dan variabel tempat (X 3 ) menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen mengunjungi Taman Rekreasi Sengkaling Malang dengan signifikansi masing – masing variabel sebesar 2,605; 2,360 dan 2,340, sedangkan variabel harga (X 2 ), orang (X 5 ), proses (X 6 ), bukti fisik (X 7 ), serta layanan pelanggan (X 8 ) menunjukan adanya pengaruh yang tidak signifikan, dengan signifikansi masing – masing variabel sebesar 1,332; 1,720; 0,230; 1,017; dan 1,524. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen mengunjungi Taman Rekreasi Sengkaling Malang yaitu variabel produk (X

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/190/ 051101811
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Apr 2011 10:12
Last Modified: 05 Apr 2011 10:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105214
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item