Penilaian efektivitas iklan Televisi Untung Beliung Britama pada nasabah Tabungan Britama : Studi Pada Nasabah Tabungan Britama PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Malang Kawi.

IMadePermadiKusuma (2011) Penilaian efektivitas iklan Televisi Untung Beliung Britama pada nasabah Tabungan Britama : Studi Pada Nasabah Tabungan Britama PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Malang Kawi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya iklan televisi sebagai alat promosi untuk pemasaran suatu merek atau produk, dimana iklan ditujukan untuk mempengaruhi perasaan, pengetahuan, makna, kepercayaan, sikap dan citra konsumen yang berkaitan dengan suatu merek. Maka perlu diketahui seberapa efektif suatu iklan televisi yang ditayangkan, sehingga informasi yang ingin disampaikan oleh perusahaan berupa kelebihan-kelebihan yang dimiliki produk tersebut dapat tersampaikan dengan baik kepada para pemirsa telivisi. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektifitas penayangan iklan Televisi Untung Beliung BritAma. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode analisis yang digunakan adalah metode Direct Rating Method ( DRM ). DRM adalah salah satu metode untuk mengetahui efektifitas iklan dengan menilai 5 ( lima ) faktor yang ada dalam iklan yaitu, Perhatian, Pemahaman, Kognitif, Afektif, dan sikap terhadap iklan. Dalam metode ini mengklasifikasikan iklan ke dalam tujuh kategori yaitu, iklan sangat tidak efektif sekali, iklan sangat tidak efektif, iklan tidak efektif, iklan cukup efektif, iklan efektif, iklan sangat efektif dan iklan sangat efektif sekali. Penelitian dilakukan terhadap nasabah Tabungan BritAma di BRI Cabang Malang Kawi. Responden dalam penelitian ini berasal dari nasabah Tabungan BritAma di BRI Cabang Malang Kawi dengan jumlah sampel 100 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, disebut juga judgement sampling yaitu tipe pemilihan sampel dengan menggunakan pertimbangan tertentu, umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan televisi Untung Beliung BritAma adalah termasuk iklan yang sangat efektif. Urutan nilai faktor iklan televisi Untung Beliung BritAma dari yang paling besar nilainya sampai dengan paling kecil nilainya berturut-turut yaitu, Faktor Afektif, Faktor Perhatian, Faktor Kognitif, Faktor Sikap Terhadap Iklan dan Faktor Pemahaman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/19/ 051100536
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Mar 2011 15:04
Last Modified: 25 Mar 2011 15:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105213
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item