AndiPrimaDewiAS (2011) Evaluasi Kinerja dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada Guest House Universitas Brawijaya”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Guest House Universitas Brawijaya merupakan unit usaha jasa akomodasi yang didirikan pada tahun 2006 oleh Rektor Universitas Brawijaya, Bapak Prof. Dr. Ir Bambang Guritno dengan tujuan menjadi rumah tamu bagi tamu Universitas Brawiya. Namun tingginya potensi pasar membuat Guest House Universitas Brawijaya tak lagi hanya sekedar rumah tamu. Dengan Visi dan Misi Perusahaan yaitu ? Menjadi unit usaha akomodasi unggulan dengan pelayanan dan akomodasi terbaik dalam skala Nasional ? Guest House Universitas Brawijaya terus melakukan pengembangan dengan tujuan menjadi unit usaha jasa akomodasi yang dapat memenuhi segala kebutuhan tamunya. Saat ini Guest House Universitas Brawijaya sedang melakukan pengembangan serta pembangunan sebagai proses peralihan status dari pondok wisata ( guest house) menjadi hotel berbintang. Proses ini membuat perusahaan harus kembali melakukan evaluasi untuk melihat bagaimanakah potensi yang dimiliki sebagai bekal peralihan statusnya menjadi unit usaha yang lebih besar. Oleh karena itu, Guest House Universitas Brawijaya perlu memiliki suatu alat pengukuran kinerja sebagai alat evaluasi untuk melihat dan menilai kinerjanya secara menyeluruh agar memiliki gambaran tentang kondisi perusahaan. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam evaluasi kinerja perusahaan adalah Balanced Scorecard. Balanced Scorecard adalah suatu alat pengukuran kinerja perusahaan yang komperhensif, kohern, seimbang dan terukur. Selain sebagai alat evaluasi kinerja Balanced Scorecard telah dikembangkan menjadi suatu Sistem Manajemen Strategi. Sebagai yang berorientasi pada laba, metode ini sangat tepat digunakan sebagai alat pengukuran kinerja karena mencakup semua aspek yang diwujudkan pada empat perspektifnya, yaitu: Perspektif Keuangan, Pespektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal dan Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran. Hasil penghitungan kinerja pada Guest House Universitas Brawijaya tahun 2010 diperoleh nilai kinerja sebesar 4,02 dengan kriteria kinerja BAIK . Hasil kinerja ini menunjukkan kemampuan perusahaan merealisasikan target yang telah ditentukan sebelumnya oleh perusahaan pada masing-masing tolak ukur.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2011/185/ 051101806 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 01 Apr 2011 14:45 |
Last Modified: | 01 Apr 2011 14:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105208 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |