Pengaruh Earnings Per Share (EPS) dan Price Earnings Ratio (PER) terhadap harga saham dengan Price to Book Value (PBV) sebagai variabel moderator pada perusahaan penyusun Indeks LQ 45 yang listing d

Ramos, Faisal (2011) Pengaruh Earnings Per Share (EPS) dan Price Earnings Ratio (PER) terhadap harga saham dengan Price to Book Value (PBV) sebagai variabel moderator pada perusahaan penyusun Indeks LQ 45 yang listing d. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris adanya pengaruh earnings per share (EPS) dan price earnings ratio (PER) terhadap harga saham dengan price to book value (PBV) sebagai variabel moderator. Sampel penelitian ini menggunakan perusahaan penyusun indeks LQ 45 yang listing di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2006-2008 dengan menggunakan metode purposive sampling . Terdapat 19 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel yang ditentukan. Penelitian ini menggunakan Regression Test untuk menguji hipotesis 1 dan 3, sedangkan pengujian hipotesis 2 dan 4 menggunakan MRA Regression test. Hasil pengujian menunjukkan bahwa (1) Earnings Per Share terbukti secara empiris berpengaruh terhadap harga saham; (2) Interaksi antara Earnings Per Share dan Price to Book Value tidak berpengaruh terhadap harga saham; (3) Price Earnings Ratio terbukti secara empiris berpengaruh terhadap harga saham; (4) Interaksi antara Price Earnings Ratio dan Price to Book Value tidak berpengaruh terhadap harga saham. Kesimpulan dari keseluruhan hasil pengujian menunjukkan bahwa pasar merespon informasi keuangan terkait dalam tingkat profitabilitas yang diproksikan rasio EPS dan juga penilaian saham dengan menggunakan pendeketan PER dalam membuat keputusan investasinya, sedangkan jika di interaksikan dengan variabel moderator PBV tidak ditemukan pengaruh. Ini dimungkinkan pasar belum banyak yang memperhatikan rasio PBV dalam membuat keputusan investasinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/176/051101602
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 13 May 2011 09:06
Last Modified: 18 Oct 2021 20:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105198
[thumbnail of 051101602.pdf]
Preview
Text
051101602.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item