Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Biaya dalam Menunjang Pengendalian Internal : Studi Kasus pada PT. PAL Indonesia.

Wardhani, ApsariSulistyo (2011) Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Biaya dalam Menunjang Pengendalian Internal : Studi Kasus pada PT. PAL Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap perusahaan dalam memasuki era pasar bebas dituntut untuk meningkatkan kualitas manajemen perusahaannya. Manajemen harus meningkatkan kualitasnya dalam menghadapi ketatnya tingkat persaingan. Organisasi atau perusahaan menggantungkan diri pada sistem informasi untuk mempertahankan kemampuan berkompetisi. Informasi yang dimiliki oleh perusahaan digunakan oleh pimpinan perusahaan dalam mengambil tindakan dan keputusan yang tepat. Salah satu informasi yang dibutuhkan adalah informasi akuntansi. Informasi akuntansi dibutuhkan oleh pihak manajemen perusahaan untuk mengetahui apakah perusahaan dalam menjalankan operasinya dapat meningkatkan kemampuan ekonomisnya atau tidak. Oleh karena itu pencatatan akuntansi yang baik sangat penting agar dapat mengambil keputusan yang tepat. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi SIA Biaya pada PT PAL INDONESIA berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan kepada pihak PT PAL INDONESIA. Evaluasi terhadap SIA Biaya meliputi analisis unit organisasi terkait, analisis terhadap jaringan prosedur pembentuk sistem, analisis dokumen yang digunakan, analisis catatan yang digunakan, analisis sistem otorisasi dalam pelaksanaan transaksi, dan analisis terhadap pengendalian internal di PT PAL INDONESIA. Dari analisis seluruh sistem yang terkait digambarkan bahwa sistem yang dilaksanakan sudah dapat memenuhi unsur pengendalian internal. Dengan demikian PT. PAL INDONESIA telah menjalankan SIA biaya yang dapat membantu aktivitas operasi perusahaan sehingga efektifitas kegiatan operasional. dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/175/051101601
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 13 May 2011 08:57
Last Modified: 18 Oct 2021 20:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105197
[thumbnail of 051101601.pdf]
Preview
Text
051101601.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item