Persepsi Wajib Pajak Terhadap Pelayanan Pajak Melalui Drop Box di Pusat Perbelanjaan Dalam Rangka Penerapan Self Assessment System (Studi Pada Drop Box KPP Pratama Malang Selatan).

Natarisa, GirindraOcty (2011) Persepsi Wajib Pajak Terhadap Pelayanan Pajak Melalui Drop Box di Pusat Perbelanjaan Dalam Rangka Penerapan Self Assessment System (Studi Pada Drop Box KPP Pratama Malang Selatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pelaksanaan program Drop Box oleh DJP. Dengan berakhirnya tahun pajak, maka Wajib Pajak yang memiliki NPWP wajib untuk melaporkan SPT Tahunan PPh guna memenuhi kewajiban perpajakannya. Kemudahan demi kemudahan diberikan oleh DJP bagi Wajib Pajak untuk menyampaikan SPT Tahunan PPh, maka dikeluarkannya inovasi berupa Drop Box yang diharapkan agar kepatuhan Wajib Pajak dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis persepsi Wajib pajak terhadap pelayanan pajak melalui Drop Box dalam rangka penerapan self assessment system. Penelitian dilakukan pada Drop Box yang berlokasikan pada pusat perbelanjaan. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat dikatakan bahwa sebagian besar Wajib Pajak mememiliki anggapan positif akan adanya Drop Box yang diletakkan di pusat perbelanjaan. Bahwa lokasi penempatan Drop Box di pusat perbelanjaan lebih efisien (tidak perlu antri terlalu lama), fleksibilitas waktu (dapat menyampaikan SPT pada saat jam makan siang, pulang kantor, saat berbelanja) dan lebih mudah (caranya praktis) dalam pelaporan SPT Tahunan PPh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/17/ 051100534
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Mar 2011 14:48
Last Modified: 25 Mar 2011 14:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105191
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item